welcome everyone...ini blog mungkin gak ada ilmunya,kecuali buat bikin gw senyum senyum sendiri...enjoy my daily IRT life...

18 Nov 2010

masak...masak...

 it's time for me to write about....  
MASAAAKKKK...!!!
1st of all...gw ga pernah masak sebelumnya kecuali indomie pake cabe pake telor (jadi pengen kannn???)sama makanan instan yang ada di supermarket...yang tinggal seduh aer panas maksud gw...hiihihihihi...
semenjak pindah ke rumah sendiri,maw gak maw gw harus belajar masak,karena selain suami yang super rewel dan bawel,juga menghemat pengeluaran...
coba bayangin  (please gw mohon beneran bayangin, maksa.com)


  • klo jajan seharian 1x makan 10000 minimal dikali2 = 20000 
  • dikali 3 karena makan 3x sehari  = 60000 
  • dikali 30 hari sama dengan rp 1800000 belom sama makan mewah di weekend...hayaaahhhh....klo masak 200rb bisa buat seminggu dikali 4 sama dengan 800rb ajah klo masak sendiri... 
  • Rp 1800000 - 800000 = Rp 1000000,jauh kan? (note : ini itungan gw sendiri,jangan disamakan)
ini dia pengalaman pertama gw masak,waktu gw  baru pindah rumah...



1.ke gramedia cari buku resep,dari deretan buku masak yang banyak banget,akhirnya gw liat satu buku yang mencrang ini dia...
masak seru bareng si tukang masak BARA PATTIRADJAWANE
buat yang ga tw bara,dia adalah salah satu eh,emang cuma satu2nya pemain di sinetron acara masak2 di trans tv gula-gula....jago masak,tp kirain karena acara masaknya namanya gula-gula dia cuma bisa masak gula atau yang manis2 gitu...ternyata gak,di buku itu juga dapet vcd demo masak resep yang ada di dalemnya...dan mulailah gw mempelajari isinya...halaman pertama,masi poto si bara pegang panci ok,mas bara emang agak narsis yah sama poto pisang bakar keju coklat...(laper deh gw) halaman selanjutnya masi ada catatan dapur, trus halaman 3 masi daftar isi dan poto2 mas bara lagi (ini buku resep apa portfolio??) trus dihalaman2 selanjutnya ada pengenalan bumbu,alat2 dapur dll,baru deh masuk ke resep di tiap resep emang selalu ada poto mas bara (geleng2) gpp lah mas,dr pada poto cabe2 pake baju seksi? mending poto mas aja,badannya bagus togap togap bergembira...baru deh setel vcd nya,dari situ bertekad buat belajar masak kayaknya ga susah2 amat...


2.belanja...gw kira kegiatan belanja ini karena namanya belanja,perasaan gw awalnya masi excited,se excited mango sale,se excited gw klo liat tulisan SALE di mall2...ternyata biarpun namanya sama2 belanja,belanja kebutuhan dapur bukan lah belanja yang menyenangkan a.k.a riweuh....huhuhuhuhu...baru mulai mau belanja gw udah di datengin ma pak cik2 (orang malaysia) dia nanyain gw klo mw beli oleh2 khas bandung dmn?gw ga tw,dmn yah?apa oleh2 khas bandung?peuyeum?gw jawab aja kosambi klo makanan,nah cuma itu yang terlintas di otak gw...trus dia nanya dmn kosambi?gubraaakk...masa gw harus anter???


gw nanya aja ma mas2 disamping dia,dmn beli oleh2 khas bandung,dia bilang di dalem gedung sate? (ada yah jual oleh2 bandung di gedung sate bagusan juga jawaban gw pasar kosambi) eh,lama2 doski ngalor ngidul ngbrol bilang dia bawa benda pusaka yang dibawa kakeknya ke malaysia dan harus dibalikin ke bandung, kayak cerita dongeng yah?kayak wimar witular gitu,benda pusaka empu gandring...eh,terus gw diajakin ke pojokan buat liat benda pusaka itu,untung nalar gw tinggi,wah bisa2 gw dihipnotherapy dihipnotis nih,ya uda gw bilang "pak,tunjukin ke mas ini aja",selidik punya selidik tenyata pak cik itu temenan ma mas-mas itu,modus deh kayaknya,klo gw mw diajakin ke pojokan uda dihipnotis x gw...Alhamdulillah masi dilindungi....


cobaan pertama yang mengerikan,abis itu gw baru belanja susah banget gw nginget nama2 sayur,untung di superindo emang disediain semuanya,namanya pun lengkap,jadi klo nyari apa2 gw bisa sok tau,misal "mas daun salamnya gak ada yang segeran yah?" karena ada daun salam kering semua disitu,jd gw inisiatip buat nanya daun salam yang ga kering,hahahahhaa,mulailah gw ngarang belanja semua yang gw kira penting...belanja pertama yang bikin pusing habis hampir 500rb...!!!!jadi teman wanita ku siapapun kamyu yang baca ini,ingat!!jangan samakan semua belanja kasi sub judul di belakang kata belanja misal belanja baju nahhh itu baru boleh senengggg,,,klo disuruh belanja sayur atau belanja daging kalian boleh nangis sekarang juga....ga enakkkk....!


3.beres2 belanjaan ke lemari es, pekerjaan yang juga sulit,karena selain belanjaan berplastik2 semua belanjaan dalam plastik itu harus dimasukin dalam lemari es,bayangkan???lemari es gw cuma sebesar ini... yak betul... lemari es 1 pintu...belanjaan segudang...akhirmya setelah jungkir balik,putar otak,utak atik belanjaan,miring2in letak,smua bisa masuk (dengan catatan buka tutup lemari es harus ekstra pelan,atau gak?taraaaaa.....jebakaaannn..smua jatoh...)

4.mulai masak, bangun pagi2 banget rencananya pengen nyiapin makanan buat kule,dengan semangat 45 kita buat makanan,masakan pertama gw adalah scrambled eggs corned beef...dan berhasil karena gampang....!
semangat donggg gw,besoknya pengen bikin tumis brokoli kesukaan gw,udah ada resep dari ibu..
ok all set,gampang kok kata ibu,tinggal kupas bawang putih, geprek,potong kecil2,tumis mpe harum,masukin brokoli,kasi saos tiram+garem+air...keciiillll...
hmmmm...siaaappp...kupas bawang putih berhasil biarpun bawang jadi somplak2 alias boncel, geprek itu gampang bgt,potong kecil2 lewaaattt,panasin minyak,liat klo udah ada buih kecil2 di sutil kayu berarti udah panas (sok expert) masukin bawang putih mpe harum,mmmmhhhh,,,belum harum,,,,hmmmm (idung gw taro percis di atas panci biar kecium) dikit lagiiii...hmmmm....GOSONG!!! *paniiikkk* tereak "bawang putihnya gosonnngggggggg" lari ambil brokoli,masukin brokolinya,jenggg jenggg kematengan....ternyata apinya kegedean walhasil jadilah brokoli tumis pait ala chef anne quinn..hikssss...karena udah dibikin gw maksa kule buat makan,dan ekspesinya hahahahhahahaa...kayak mau boker...daripada mubazir...gw juga makan..yaikkkhhh ga enak emang....
muka kule abis makan tumis brokoli pait

itulah suka dukanya,tapi demi bisa masak rela melakukan apa aja...hahahahahhaa..so sweet ga sih gw?selain itu ada juga rintangan lainnya...
  • tangan akan selalu bau bawang putih dan ilangnya lama 
  • klo masak ikan,ayam teror minyak muncrat2 akan menghantui, terbukti dengan adanya bekas codet di tangan kanan gw... 
  • kepala bakal pusing ngapalin resep, cara mudah tulis di buku resep yang berhasil dibuat...yang gagal jangan ditulis atau tulis aja satu biar keliatan banyak berhasilnya dari pada gagal nya...xixixixixii... 
  • kepala akan tambah pusiang krn mikir lagi,besok mw masak apa lagi yah?ga usa besok deh, tar siang mw masak apa lagi yah?malem apa?perasaan gw masak mulu...huaaaa... 
  • tingkat kepasrahan harus tinggi karena kalo gagal hati akan hancur lebur,mengingat tenaga dan waktu "awak uda sering gagalll...inannnngggg" huaaaaaaaaaaaa.... 
  • karena punya suami super cerewet siap2 kuping panas,"kayaknya kurang ini deh,kurang itu deh","klo mama dulu gini","klo mba asri gak gini" ----> "hakdez" pentung kepalanya pake panci!!!!kau kira gampaaanngggg...????


panjang yah cerita masak ini?yah emang panjang ini aja uda disortir sebenernya,penderitaannya masi panjang cuma ya segini aja buat semua ibu rumah tangga yang baru belajar masak kayak gw,semangaaaattt!!kita pasti bisaaaa...bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,,,majuuu majuuu majuuuu..ayo kita maju *lagu barakatak dimulai* (semangat berlebihan minta dijitak) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar